Lima Ibukota Menyelam Dunia, Satu di Indonesia

Spread the love

Keindahan alam dibawah laut jelas memiliki karakteristik tersendiri. Karena keunikan tersebut membuat banyak orang kemudian berminat mencobanya. Buat para penyelam yang mulai kawakan, biasanya kemudian mencari lokasi-lokasi menyelam paling luar biasa.

Di dunia ini ada banyak sekali lokasi menyelam dibawah laut. Namun hanya ada beberapa yang pantas disebut sebagai ibukota lokasi penyelaman. Kenapa disebut seperti itu? Jelas seperti juga sebuah ibukota sebuah negara, lokasi penyelaman tersebut menjadi titik pertemuan para penyelam diseluruh dunia. Banyak penyelam yang kemudian menghampirinya. Entah karena keindahan alam, atau memang memiliki fasilitas paling lengkap diantara yang lain.

Berikut lima lokasi penyelaman dunia, yang pantas disebut sebagai ibukota. Pilihan ini dibuat oleh media Scuba Diving edisi Februari 2020. Yang menarik, salah satunya ternyata berada di Indonesia.

Maui, Hawai

Siapa yang tak mengenal keindahan daerah Hawai. Daerah kepulauan kecil yang masih milik Amerika Serikat (AS). Berada ditengah lautan Atlantik yang maha luas. Menjadikan kepulauan Hawai memiliki daerah unik tersendiri.

Salah satu lokasi di Hawai yang kerap didatangi penyelam adalah Maui. Banyak orang menyebutnya dengan kata Maui na ka oi, atau artinya Maui adalah yang terbaik.

Menurut catatan media Scuba Diving, Maui menjadi yang terbaik karena menyelam disana bisa dilakukan sepanjang tahun. Selain itu lokasi penyelaman di Maui juga terkenal paling bersih kondisi alamnya. Sehingga membuat pandangan didalam laut menjadi sangat jernih.

“Kelebihan yang lain, terdapat sampai 7.000 spesies lautan disana. Salah satunya adalah gurita,” kata Lisa Smith dari Maui Dive Shop.

Bisa juga melihat hewan laut ganas seperti hiu di Maui. Dan salah satu satwa laut yang paling diminati yaitu Pari Manta kerap juga hilir mudik disana.

Bonaire, Karibia

Lokasi kedua yang paling banyak dikunjungi penyelam dunia merupakan daerah Bonaire di Karibia. Mengingat Karibia pasri mengingat juga cerita perompak ganas, dan pasti lautan indah yang mengelilingi mereka.

Memang seperti itu juga keadaan disana. Taman Nasional Bonaire sudah diresmikan sejak tahun 1979. Terdapat 86 lokasi penyelaman disana. Jadi bisa menyelam sampai muntah disana.

Keunikan Bonaire yang lain ada terdapat 57 spesies karang laut, serta lebih dari 350 jenis ikan.

Tak hanya penyelaman di laut, Bonaire juga menawarkan keunikan satwa dipesisir laut. Salah satunya adalah satwa Flamingo, yang seperti burung berleher panjang, berparuh bengkok, dan memiliki warna merah muda. Jelas membuat Bonaire menjadi salah satu lokasi favorit penyelaman dunia saat ini.

Roatan, Honduras

Berikutnya adalah Roatan di Honduras. Mungkin kita mengerenyitkan kening ketika mendengar kata Honduras. Sebab mungkin sulit mengingat berada didaerah mana negara tersebut berada. Kalau pusing cari saja di Google Map, pasti segera ada jawabannya.

Yang jelas menurut majalah Scuba Diving daerah tersebut sangat layak disebut ibukota penyelaman karena booming wisata yang terjadi disana beberapa tahun terakhir.

Awal booming wisata tersebut terjadi sekitar 20 tahun lalau. Saat koresponden BBC, Inggris melakukan liputan penyelaman disana. Setelah liputan tersebut, berbondong-bondong orang kemudian mendatangi lokasi penyelaman tersebut.

“Kenapa Roaten? Karena airnya jernih seperti kristal dengan kehidupan bawah laut seperti berada di surga daerah tropis,” papar Tati Pereira- Hughes, Direktur Pelatihan PADI.

Selain itu Roatan juga memiliki lokasi penyelaman kapal karam, yan gmembuat kita menjadi betah. Salah satu yang paling menarik lainnya merupakan daerah pertemuan arus utara disana. Di sebut Texas, karena banyak satwa dari utara datang, hidup serta berinteraksi dengan satwa lokal.

Cairns, Australia

Banyak yang sudah mengenal Australia sebagai daerah dengan lautan terindah dunia. Salah satu yang menjadi idola adalah daerah Cairns, yang disebut sebagai pintu gerbang menuju daerah Great Barrier Reef di Australia timur.

Cairns menjadi pilihan karena ada 1.500 satwa ikan hidup disana. 400 karang laut juga ada. Yang paling dahsyat ada 130 spesies hiu dan Manta hidup juga disana.

Selain itu 30 spesies paus, enam spesies penyu laut, dan satu spesies ikan tawar seperti Dugong juga hidup diwilayah lautan Cairns.

Mau apa lagi, banyak perahu wisata juga modnar-mandir disana. Tinggal pesan di internet, kita bisa berhari-hari menikmati keindahan lautan Cairns melalui kehidupan diatas kapal.

Kepulauan Gili, Indonesia

Ini yang bikin kita sebagai orang Indonesia harus bangga. Sebab ternyata majalah Scuba Diving juga memilih wilayah Kepulauan Gili, di Lombok sebagai salah satu ibukota penyelaman dunia.

Ada tiga pulau di Kepulauan Gili yang menjadi daerah target wisata penyelaman. Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan. Lokasinya yang terpisah dengan pulau besar Lombok, menjadikan tempat itu menjadi pertemuan para petualang dunia. Seperti berada di dunia berbeda disana. Tempat berbagai macam suku bangsa bertemu dan berinteraksi.

Sementara masalah isi laut, Kepulauan Gili menawarkan laut jernih dengan satwa unik seperti hiu white tip dan pipefish sepanjang tahun. Melintas diantara deru speed boat dan keriuhan manusia. Seperti tak ada batas antara kehidupan satwa liar dan manusia disana. (Sulung Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *