5 Sungai Jawa Paling Bersahabat untuk Arung Jeram

Menjelang akhir tahun kadang bingung memilih tempat liburan. Kadang malas memikirkan masalah kepadatan. Belum lagi cuaca yang kerap hujan.

Padahal kalau kita jeli melihat berbagai hambatan di atas, sebenarnya ada juga aktivitas yang justru mengasyikan di kondisi seperti itu. Seperti misalnya berarung jeram. Karena bebas dari kepadatan pengunjung. Serta kondisi musim hujan justru ditunggu-tunggu, karena air jadi berlimpah.

Untuk daerah pulau Jawa sebenarnya ada beberapa lokasi arung jeram yang bisa dianggap paling bersahabat. Dalam artian tidak perlu repot-repot menyiapkan peralatan, karena sudah ada operator perjalanan disana. Juga kondisi sungai yang tidak membahayakan, namun tetap menyimpan nilai petualangan didalamnya.

Sungai Citarik

Dok.gemar rafting

Nama sungai yang satu ini mungkin sudah kerap didengar. Berlokasi tak jauh dari Jakarta, lokasi sungai bisa didapatkan di daerah Cikidang, JawaBarat.

Menuju kesana juga mudah. Dari Jakarta tinggal melintas jalan raya Sukabumi. Kemudian berbelok ke arah Cikidang, setelah melewati daerah Parung Kuda. Jalan aspal sudah mulus, sampai menuju titik awal arung jeram di desa Cikidang.

Sungai Citarik juga masih terhitung bersih. Sangat sedikit sampah yang terlihat. Sementara pemandangan disekitar sungai masih asri hutan dan sawah.

Banyak juga operator disana yang menyediakan trip dengan berbagai macam fasilutas. Bisa menginap juga kalau ingin. Masalah makanan, tak mengecewakan pula.

Sungai Cicatih

Dok.niagara rafting

Bosan karena pernah ke Citarik? Bisa menuju ke sungai Cicatih di daerah Warung Kiara, Pelabuhan Ratu.

Menuju kesana juga tak terlalu sulit. Melintas jalan raya Sukabumi, kemudian berbelok ke arah jalan Pelabuhan Ratu. Ikuti saja tetus jalan menuju Pelabuhan Ratu, setelah daerah Ubrug, maka kita akan menemukan banyak operator arung jeram memberi kode lokasi awal aktivitas trip arung jeram mereka di sungai Cicatih.

Seperti juga di Citarik, sungai Cicatih terhitung masih bersih. Namun Cicatih memiliki tingkat kesulitan pengarungan lebih tinggi ketimbang Citarik. Terutama lantaran kondisi pinggir sungai yang dipenuhi tebing curam, sehingga menciptakan jeram-jeram yang lebih terasa besar.

Di finish Cicatih juga ada penginapan-penginapan ala pedesaan yang bisa dijadikan tempat tinggal. Sementara urusan makan tetap tak mengecewakan.

Sungai Serayu

Jeram Gate di sungai Serayu, Jawa Tengah. (Photo: dok.pribadi)

Sekarang bergeser agak ke tengah Jawa. Kalau ingin mencoba, bisa ke sungai Serayu di Purbalingga, Jawa Tengah. Posisinya setelah kota Purwokerto menuju ke Yogyakarta.

Di sungai Serayu, pemandangan terasa lebih luas, dibanding sungai di Jawa Barat. Mungkin karena penampang pinggir sungai yang kelihatan lebih terbuka.

Tingkat kesulitan di sungai Serayu bisa makin tinggi saat sungai hujan. Karena air berlimpah maka membuat jeram-jeram tercipta lebih besar. Namun jangan takut, karena operator di Serayu dikenal sangat berpengalaman.

Sungai Elo-Progo

Jeram kelas II di sungai Elo. (Dok.pribadi)

Sungai Elo paling dekat dengan Yogyakarta. Tak sulit untuk mendapatkan sungai tersebut, karena tinggal melintas jalan raya utama menuju Magelang.

Sungai Elo memiliki tingkat kesulitan tak terlalu tinggi. Sehingga bisa menjadi sasaran untuk yang baru merasakan arung jeram.

Rangkaian jeram baru akan terasa lebih besar, setelah menemui pertemuan antara sungai Elo dan Progo. Namun biasanya opertor hanya sebentar saja melintas Progo, karena lokasi akhir pengarungan, memang berada di sungai Progo.

Kalau masalah penginapan badan makanan, rasanya tinggal menuju kota Yogyakarta saja. Disana banyak pilihan makanan dan penginapan yang sudah terkenal kenikmatan dan kwramahannya.

Sungai Pekalen

Dok.solo raya

Sungai terakhir yang direkomendasikan bersahabat merupakan sungai Pekalen di Jawa Timur. Berada tak jauh dari kota Malang.

Pekalen sudah terkenal lama sebagai lokasi arung jeram paling berkelas di timur Jawa. Dengan standar seperti di Jawa Barat, sungai Pekalen memiliki fasilitas dan prosedur standar yang memuaskan.

Sungai Pekalen juga menawarkan jeram-jeram yang aduhai. Dengan tingkat kesulitan yang tak terlalu berat. Ditambah pemandangan pinggir sungai yang luar biasa indah, sungai Pekalen sebenarnya memiliki nilai tersendiri untuk dikunjungi. (Sulung Prasetyo)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: