Bagaimana Memilih Sungai untuk Arung Jeram Keluarga

Arung jeram menjadi salah satu cara untuk menikmati olahraga alam bebas. Kita bisa melihat pemandangan bagus disepanjang sungai, ditambah rasa petualangan tiap melewati jeram didalamnya. Bahkan seorang anak kecil bisa menikmati hal itu, saat berada di sungai. Dan sekarang, banyak operator arung jeram sebenarnya menyediakan trip untuk anak-anak.

Pilihan tersebut tampaknya bisa menjadi alasan untuk membawa anak-anak ke dalam jadwal liburan akhir tahun mereka. Cuma harus dipilih-pilih juga mana sungai yang aman untuk mereka.

Dalam tingkatan kesulitan berarung jeram, sebenarnya bisa dipilih sungai-sungai berkelas II saja maksimal. Dimana sungai tersebut sudah memiliki arus yang agak kencang, namun hanya memiliki ombak-ombak yang tak terlalu besar.

Cari Informasi

Beberapa sungai di Jawa Barat bisa dipilih untuk keperluan tersebut. Sebab sebenarnya sungai-sungai yang biasa menjadi arena arung jeram, juga memiliki area yang tak terlalu membahayakan. Seperti sungai Citarik, ada bagian-bagian yang tak terlalu berbahaya namun menimbulkan minat bertualang. Di Cicatih, dan beberapa sungai lain juga seperti itu.

Lebih baik lagi bila menghubungi dulu operator perjalanan arung jeram yang akan dipakai. Dari penjelasan mereka akan tergambar, bagaimana detail daerah-daerah sungai yang akan dilalui. Termasuk juga berbagai kemungkinan alternatif kegiatan lain disana.

Bisa juga dengan mencari informasi di internet, tentang family trip arung jeram. Ada banyak pilihan disana. Mulai dari yang hanya menawarkan perjalanan satu hari, hingga beberapa hari dan fasilitas yang didapatkan.

Hal lain yang patut diperhatikan, juga merupakan faktor keamanan. Bisa juga kita bertanya pada rekan-rekan yang memang senang berarung jeram. Mungkin saran dan informasi dari mereka tentang operator arung jeram yang dapat diandalkan, bisa dijadikan patokan.

Jangan Lupa

Beberapa hal lain, mungkin masalah perlengkapan yang harus dibawa. Harus diingat, perahu yang akan menjadi wahana arung jeram bukan jenis perahu besar. Jadi usahakan membawa peralatan seminimal mungkin. Pertimbangkan membawa tas-tas yang anti air. Sebab bisa saja kita terguyur hujan, atau tersiram air sungai.

Sementara masalah makanan, biasanya operator sudah menyediakan makanan yang cukup, selama aktivitas berarung jeram. Yang harus kita sediakan merupakan makanan untuk diluar aktivitas tersebut. Makanan selama dalam perjalanan menuju lokasi, atau makanan bila harus menginap di dekat lokasi kegiatan. Perbanyak jenis kudapan dan buah, karena disaat senggang kita mungkin akan kesulitan mendapatkan makanan dilokasi kegiatan arung jeram yang biasanya terpencil, jadi kudapan bisa menolong sementara waktu.

Untuk berjaga-jaga kita juga semestinya membawa perlengkapan medis darurat. Sebab hanya kita yang mungkin tahu masalah kesehatan keluarga kita. Bawa obat-obatan yang mungkin diderita anggota keluarga dalam perjalanan. Seharusnya membawa juga obat untuk penyakit-penyakit khusus yang diderita anggota keluarga.

Terakhir, siapkan dana cadangan yang cukup dalam bentuk tunai. Sebab tak akan ada yang tahu ada kejadian apa diperjalanan nanti. Dengan membawa dana cadangan yang memadai, setidaknya bisa menolong dalam keadaan darurat. (Sulung Prasetyo)

Spread the love

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: