Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Ditutup Karena Corona

Untuk menghindari makin meluasnya penyebaran virus Covid-19 atau dikenal dengan Corona, maka Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memutuskan menutup kawasan wisata tersebut mulai awal April 2020.

“Untuk meminimalisir resiko semakin meluasnya COVID-19 bagi pengunjung, petugas, masyarakat dan satwa liar, maka dilakukan Penutupan Tempat-tempat Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di wilayah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor sampai dengan pemberitahuan selanjutnya”, demikian pemberitahuan yang diedarkan pihak TNGGP melalui surat edaran tertanggal 30 Maret 2020, yang ditandatangi Kepala TNGGP, Wahju Rudianto.

Menurut penjelasan dalam surat edaran tersebut disebutkan kalau keputusan dibuat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tanggal 13 maret 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Keputusan penutupan itu sendiri juga dilatarbelakangi dengan semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan memperhatikan protokol peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran Corona yang telah dianggap Presiden RI sebagai bencana nasional atau bencana non alam.

Sebelumnya pihak TNGGP juga telah membuat surat edaran mengenai penutupan wilayah TNGGP untuk aktivitas pendakian gunung. Penutupan aktivitas pendakian gunung yang sebelumnya telah ada, kembali dilanjutkan mulai tanggal 1 April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan penutupan wilayah TNGGP untuk pendakian juga didasarkan keputusan Presiden RI mengenai Percepatan Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Yang kemudian dibuat berdasarkan latar belakang untuk menghindari kemungkinan makin menyebarnya virus Corona, yang dapat membahayakan manusia dan satwa liar di wilayah konservasi tersebut. (Sulung Prasetyo)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: