Trik Dapat Lisensi Open Water Diving Gratis

Spread the love

Bertualang bisa dimana saja. Khusus di Indonesia petualangan di alam sangat banyak sekali tempatnya. Mulai dari petualangan di gunung, goa, sungai, hutan, hingga lautan. Namun petualangan menyelam di lautan ada baiknya memiliki lisensi, agar dapat mendapatkan berbagai fasilitas memudahkan didalamnya. Selain juga memiliki skill yang mumpuni tentunya.

Sekarang ini ada banyak institusi yang menyediakan lisensi menyelam atau diving di lautan. Beberapa contoh diantaranya adalah PADI, SSI, POSSI dan lain sebagainya. Inti kesemuanya sama saja, mempersiapkan seseorang untuk mulai menyelam dilautan dengan perlengkapan scuba.

Lisensi ini memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan pertama atau yang paling dasar bisa disebut macam-macam, tergantung institusi penyedia lisensi. Seperti di PADI, tingkat awal penyelaman disebut Open Water. Sementara di POSSI disebut Bintang Satu.

Untuk menjadi penyelam professional kita harus melewati beberapa tingkatan skill tersebut. Mulai dari dasar, advance, hingga lanjutan. Sama saja seperti sekolah, dasar, menengah dan lanjutan. Kalau mau lebih dalam lagi bisa seperti kuliah di pendalaman khusus seperti photografi bawah air, instruktur atau peneliti lingkungan.

Namun ada beberapa orang kadang menghentikan niat untuk mendapatkan lisensi ini. Alasan yang paling utama biasanya urusan keuangan. Sebab memang untuk mendapatkan lisensi dasar saja tak bisa dibilang murah. Lalu bagaimana trik untuk mendapatkan lisensi tingkat dasar penyelaman, dengan biaya minimal yang paling bisa diraih?

Cari instruktur yang dikenal

Tahap pertama coba cari instruktur penyelaman yang kita kenal. Dengan sudah mengenal satu sama lain, komunikasi juga lebih mudah. Tak perlu basa-basi lagi, atau segala macam tata krama yang membuang waktu.

Mencari instruktur yang dikenal  bisa dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk dengan mencari informasi di jaringan pertemanan kita. Pasti ada satu atau dua orang teman yang mengenal instruktur penyelaman. Atau bisa juga dengan membuka pertemanan di media sosial. Sayang teknologi kalau hanya dipergunakan untuk ajang curhat saja.

Korek keterangan tentang lisensi dasar

Setelah mengenal salah satu instruktur penyelaman, kita bisa memulai langkah berikutnya, yaitu mencari informasi selengkapnya dari instruktur tersebut mengenai lisensi dasar penyelaman. Informasi yang dibutuhkan meliputi program kegiatan mendapatkan lisensi dasar, biaya, peralatan dan perjalanan yang diperlukan.

Setelah mendapatkan dan paham dengan semua informasi tersebut, baru kita mencoba membuka semua kesempatan mendapatkan nilai paling minimal dari semua biaya tersebut. Informasi ini akan berguna bagi kita untuk merancang kegiatan lanjutan mendapatkan lisensi diving dengan biaya murah.

Buat kegiatan

Kalau semua sudah oke, baru mulai mencari informasi mengenai kemungkinan mendapatkan untung dari membuat kegiatan berbau menyelam di laut. Bentuk kegiatan bisa bermacam-macam, mulai dari membuka trip berjalan-jalan ke area laut, atau membuka trip untuk berenang di laut.

Sebarkan informasi kegiatan kepada teman-teman di media sosial. Perlu beberapa kali melakukan kegiatan hingga hasil keuntungan dari perjalanan tersebut bisa menjadi modal awal untuk membeli peralatan menyelam yang dibutuhkan.

Bisa juga dengan menjadi agen bagi instruktur, bagi teman-teman kita yang ingin juga mendapatkan lisensi tingkat dasar menyelam. Simpan juga keuntungan dari berbagai kegiatan tersebut untuk biaya membayar program pelatihan mendapatkan lisensi tingkat awal menyelam.

Contoh reklame kegiatan diving di pulau Pari. (dok. quenaainternasional.com)

Mulai Menulis

Sambil mengatur perjalanan ke laut, kita juga bisa menulis tentang lokasi yang didatangi. Artikel yang dihasilkan dari menulis bisa dijual kepada media online atau cetak yang banyak sekali saat ini. Komisi dari penulisan bisa ditabung untuk membayar program pelatihan menyelam tingkat dasar yang kita incar tadi.

Menjual peralatan menyelam

Saat ini sangat banyak sekali media penjualan secara online. Manfaatkan kemungkinan tersebut untuk membantu menjualkan barang-barang menyelam. Barang-barang menyelam bisa berupa peralatan sekon, namun semua itu pasti ada pasarnya tersendiri. Bisa juga dengan mendapatkan keuntungan dari menjualkan barang-barang baru. Yang pernting tempel terus instruktur selam tersebut, biasanya ia memiliki banyak info mengenai barang-barang tersebut.

Setelah uang yang diperlukan cukup ditabung, maka baru kita bisa mengikuti program mendapatkan lisensi tingkat dasar menyelam. Memang kelihatannya tidak mudah dan perlu kerja keras. Tapi percaya saja, semua itu ada banyak manfaat  didalamnya. Mulai dari dari belajar mengorganisasi, manajemen, menulis, menahan hawa nafsu, sampai akhirnya kita mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Nyesel kalau tak baca :

Menjenguk Kapal Karam Karimun Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *