Keliling New York Melalui Grafis

Spread the love

Genre buku perjalanan tampaknya terus berkembang. Mulai dari hanya catatan-catatan perjalanan, hingga ke cara menuju ke lokasi, sampai akhirnya kini meluas ke bidang seni grafis.

Sebenarnya fenomena tersebut tidak bisa dibilang merugikan. Justru kebalikannya, sangat menguntungkan. Karena apa? Secara filosofi perjalanan, jenis buku seperti ini bisa makin memenuhi kebutuhan pembaca.

Bagaimana tidak? Bayangkan kalau gambar-gambar dalam buku perjalanan terus stagnan dalam bentuk bingkai-bingkai berbentuk kotak. Berisi foto-foto yang mungkin sebenarnya indah, tapi jadi membosankan hanya karena terlalu sering ditampilkan.

Seni grafis jelas mencoba menyuguhkan warna berbeda. Salah satunya dari buku Hello NY yang dihadirkan Julia Rothman. Pengarang wanita ini jelas menyuguhkan gaya berbeda dari sebuah buku perjalanan.

Tak ada lagi peta-peta memusingkan dalam buku Hello NY. Isi buku jelas menyuguhkan nilai rasa dalam sebuah perjalanan mengitari kota New York di Amerika Serikat (AS). Sebuah nilai yang mungkin menjadi pemicu seseorang untuk mengunjungi sebuah tempat.

Seperti saat Rothman menyuguhkan sejarah New York melalui jenis taksi yang pernah ada disana. Mulai dari tahun 1927, sampai tahun 2001. Dari paparan grafis yang ditampilkan jelas menggambarkan sisi berbeda dari sebuah perjalanan.

Belum lagi masalah gambaran tentang Central park, taman kota yang menjadi ikon dari New York. Rothman jelas tidak berbasa-basi denga kata-kata berbunga yang membuat ambigu. Namun ia memaparkan semua gambar-gambar. Mulai dari berjalan, berlari, bersepeda, naik kuda, tidur-tiduran, berkano, berjualan, membawa anjing, membaca buku.

Dengan tebal sampai 144 halaman, Rothman memaparkan banyak hal yang lain. Semua mengenai isi kota New York. Wawancara dengan orang-orang yang memang sudah lama berada di New York. Seperti dengan Jessica Pigza yang menjadi penjaga perpustakaan pusat New York.

Selain orang-orang dan tempat-tempat menarik, Rothman juga menjelaskan mengenai makanan-makanan yang ada di New York. Termasuk didalamnya pizza. Termasuk paparan mengenai tempat-tempat favorik untuk berkumpul seperti gedung sauna, dan Coney Island. Bahkan juga jenis-jenis hama seperti tikus yang ada di New York.

Semua dengan gambar-gambar grafis bergaya komik yang memiliki karakter tersendiri. Membuat tampilan-tampilan gambar imajinasi yang memenuhi harapan virtual mengitari kota legendaris New York menjadi bukan hanya mimpi.

Satu hal yang paling menarik dibuku ini, tak hanya petualangan rasa dalam bentuk gambar yang ditampilkan. Salah satunya merupakan penyisipan hasil karya sastra berbentuk puisi yang juga ditampilkan. Berjudul Ode To The Bodega. Seperti menggambarkan juga hasil akhir dari keseluruhan rasa karya Rothman ini. “Somehow you manage. And for that, I am Thankful”.

Jika Tertarik membeli buku ini, dapat mengklik gambar dibawah ini.

Hello NY

Spesifikasi

Judul : Hello NY

Pengarang : Julia Rothman

Harga : Rp. 88.000,-

Berat0.49 kg
Tahun2017
Halaman144
ISBN9786024243272
PenerbitKPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
  • Buku yang lain :

India yang Tak Terlupakan

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *