India yang Tak Terlupakan

India yang Tak Terlupakan

Membicarakan India seperti tak ada habis-habisnya. Negeri di Asia Barat itu seperti memiliki ribuan bahkan jutaan cerita yang terpendam didalamnya. Namun tak semua bisa mendapatkan cerita-cerita tersebut. Beruntung, kita di Indonesia memiliki Ayun. Dengan pengalaman hidup di India selama beberapa tahun dan kemampuan menulis ciamik yang dimilikinya, Ayun mau membagi pengalaman hidupnya selama di India. Sehingga membuat kita, yang ada di Indonesia bisa lebih mengerti dan memahami negeri tersebut.

“Pada India, kamu tidak bisa berada di antara benci dan cinta. Setelah mengunjunginya, hanya ada dua kemungkinan; kamu akan kapok, ingin membencinya, dan tak mau kembali lagi. Atau, kamu akan jatuh cinta pada negeri yang eksotik ini, ingin datang lagi, lagi, dan lagi”.

Demikian sekelumit kata-kata menarik yang ditulis Ayun dalam bukunya, Ünforgettable India. Buku setebal 204 halaman ini penuh dengan kata-kata menarik Ayun yang lain, mengenai India. Dengan kata-kata itu Ayun mencatat semua kesan yang pernah dialaminya selama hidup di India.

Ayun sempat hidup di kota Hyderabad, India selama beberapa tahun. Ia mendapatkan kesempatan tersebut, karena meraih beasiswa untuk bersekolah di ITEC. Kalau melihat di peta, Hyderabad berada didaerah selatan India. Sehingga kebanyakan cerita berada dikota-kota daerah selatan India.

Letak kota-kota di daerah selatan yang agak jauh dari ibukota India, membuat penduduk jadi lebih sedikit memiliki kondisi ekonomi yang baik. Oleh sebab itu juga, mengapa Ayun menceritakan mengenai berbagai penipuan yang sempat ia alami disana. Namun bukan berarti kita menyamakan semua penduduk India memiliki sifat serupa. Ini hanya sebuah pengalaman yang bisa menjadi pelajaran untuk kita yang ingin ke India juga.

Selain cerita mengenai karakter penduduk, Ayun juga menceritakan banyak daerah menarik di India. Termasuk mengenai sungai Musi, yang seperti nama sungai di Palembang. Ada juga mengenai tentang kehidupan orang Islam di kota tersebut yang memang dominan di kota Hyderabad. Salah satu yang menarik mengenai cerita tentang kondisi kereta api di India, yang membuat kita bersyukur memiliki perusahaan kereta api yang lebih baik disini.

Secara keseluruhan, upaya Ayun dalam buku tersebut telah mencapai makna tersendiri. Khusus bagi para penikmat cerita perjalanan, jelas cerita Ayun akan sangat berguna untuk pengayaan wawasan dalam perjalanan. Bagi orang umum, jelas Ayun mampu memberikan pengetahuan baru mengenai orang-orang yang berada dibelahan lain bumi ini. Memberikan makna terbaik yang pernah ada bagi manusia, bahwa meski kita berbeda namun ada kehidupan lain diluar sana.

Kalau ingin membeli buku tersebut, bisa mengklik gambar dibawah ini. Buku disediakan oleh situs www.belbuk.com. Buku juga bisa dibeli secara online.

Unforgettable India

Spesifikasi Buku :

Judul : Unforgettable India

Penulis : Ayun

Harga : Rp 49.500,-

Berat0.31 kg
Tahun2019
ISBN9786024074890
PenerbitLaksana

  • Buku yang lain :

Keliling New York Melalui Grafis

Spread the love

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *