Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali

Sebuah kabar menyenangkan para pecinta pendakian gunung kembali muncul belakangan ini. Pihak Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango akhirnya memutuskan membuka kembali jalur pendakian di area konservasi tersebut. Pembukaan diputuskan bisa dimulai pada tanggal 25 Agustus 2020.

Seperti diketahui, sebelumnya area konservasitersebut ditutup karena menyebarnya virus Corona atau Covid-19. Namun tampaknya sekarang kondisi mulai lebih baik, sehingga diputuskan area konservasi tersebut dibuka kembali.

“Dalam rangka menggerakan kembali perekonomian dari sektor wisata alam, pemulihan kondisi psikologis masyarakat khususnya para pendaki paska isolasi dan PSBB, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui multiplier effect yang ditimbulkan serta Penerimaan Negara Bukan Paja (PNBP) dari jasa lingkungan, maka mulai tanggal 25 Agustus 2020 Balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membuka kembali aktivitas pendakian dengan tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan pada masa new normal, dan kebijakan masing-masing kabupaten”, demikian isi surat keputusan yang dikeluarkan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), yang ditandatangani Kepala BBTNGPP, Wahju Rudianto tertanggal 24 Agustus 2020.

Alun-Alun Suryakencana di gunung Gede yang menjadi favorit para pendaki untuk membuka tenda. Bahkan kadang kristal es muncul di alun-alun tersebut. (Dok, Radar Bogor)

Tetap Jaga Jarak

Namun seperti juga yang termaktub dalam surat keputusan tersebut, maka para pendaki diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa new normal ini. Dimana berarti para pendaki diharapkan tetap bisa menjaga jarak dengan para pendaki yang lain. Baik dalam aktivitas sebelum mendaki, selama mendaki, bahkan hingga usai pendian.

Diharapkan juga para pendaki tidak lupa membawa masker wajah pribadi. Selain juga membawa perangkat kesehatan lain seperti sarung tangan dan cairan pembersih tangan. Keseluruhan peralatan tersebut diharapkan bisa dipergunakan selama kegiatan pendakian berlangsung.

  • Baca Juga :

Mendaki Gunung Gede Pangrango Tanpa Izin Akan Dikenakan Denda Lima Kali Karcis Masuk

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: