6 Aplikasi Offline untuk Traveler

Memiliki akses untuk alat komunikasi saat traveling kadang sulit didapatkan. Kalaupun ada sering terlalu ribet, lambat, terbatas atau bahkan mahal sekali. Buat yang sering travel kemana-mana, masalah seperti itu pasti akan dihadapi. Terutama bila datang ke kota-kota terpencil, nan jauh dipelosok negeri. Pastikan memiliki 6 aplikasi offline untuk traveler ini.

Untungnya sekarang banyak aplikasi mengenai travel yang sebenarnya bisa tetap diakses  meski tak memiliki koneksi internet. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa dijalankan meski telepon android sedang dalam kondisi offline.

  1. Google Maps

Aplikasi peta merupakan salah satu yang paling penting dimiliki para traveler. Dengan peta kita bisa menerka posisi, dan menentukan arah berikutnya. Sehingga kemungkinan tersesat bisa diminimalisasi. Tapi repotnya kalau kita hanya bergantung pada aplikasi peta yang ada di android. Saat telepon android mengalami kondisi minim data seluler, maka yang bisa kita lakukan bisa jadi makin tersesat tak tentu arah.

Coba unduh aplikasi Google Maps sebelum bepergian. Untuk versi 2018 dan 2019 aplikasi tersebut bisa dijalankan meski dalam kondisi offline. Di dalam aplikasi tersebut akan tertera banyak pertanyaan mengenai kota-kota, daerah, provinsi atau nama-nama lokasi yang ingin ditanyakan.

Klik saja tombol pencarian, maka daerah yang akan kita tuju akan tertera di aplikasi Google Maps, yang sudah disetting offline sebelumnya. Maka kita bisa mengira posisi kita berada, dan menentukan arah ke tujuan yang diinginkan.

2. Google Translate

Aplikasi berikutnya yang berguna adalah Google Translate. Produk besutan Google itu kini bahkan sudah bisa diunduh versi mudahnya di Playstore secara gratis.

Persiapkan unduh juga bahasa yang ingin digunakan saat akan bepergian ke sebuah tempat. Maka Google Translate akan mengunduh bahasa yang diinginkan tersebut. Data simpanan bahasa itu yang akan bisa dipergunakan secara offline, bila kita tersesat disebuah lokasi dengan bahasa asing disana.

3. Xe Currency

Salah satu aplikasi yang berguna merupakan konverter mata uang asing. Sebenarnya banyak aplikasi mata uang asing yang bisa diunduh, dan digunakan secara offline saat ini. Namun salah satu aplikasi yang paling terpercaya dan direkomendasikan adalah Xe Currency.

Patokan harga tukar di Xe Currency ini bisa dijadikan standar penukaran uang yang kita bawa saat bepergian. Aplikasi ini juga bisa digunakan saat offline. Hanya perlu diingatkan, standar harga saat offline hanya didasarkan pada saat update harga terakhir. Jadi sebelum kita benar-benar mengalami kondisi tanpa data seluler sama sekali, disarankan untuk mengupdate data di Xe Currency terlebih dahulu.

4. Wifi Map

Aplikasi ini mungkin merupakan salah satu trik untuk kita mendapatkan saluran seluler gratis. Dengan Wifi Map kita bisa mencari lokasi-lokasi Wifi gratis disekitar tempat kita berada.

Perangkat ini bisa dijalankan bahkan saat kita sedang dalam kondisi offline. Hebatnya lagi untuk aplikasi versi berbayarnya, Wifi Map menyediakan informasi mengenai lokasi Wifi, informasi yang diperlukan dan kata kuncinya juga.

5. Trip Advisor

Satu lagi aplikasi yang berguna saat kita traveling dan menjelajah sebuah daerah, yaitu Trip Advisor. Dengan aplikasi ini kita dapat menemukan spot-spot penting dan terkomendasi dari sebuah daerah atau kota. Termasuk didalamnya ada data restoran, akomodasi dan tinjauan mengenai atraksi yang menarik di daerah tersebut.

Aplikasi ini dijalankan secara offline asalkan kita telah mengunduh tinjauan, peta, dan informasi yang diinginkan dari kota atau daerah yang akan dituju. Ada sekitar 300 data kota popular diseluruh dunia bisa diunduh dari aplikasi tersebut.

6. Spotify

Apabila semua hal sudah kita lakukan, kadang merasa lelah juga untuk terus berjalan-jalan. Ada satu lagi aplikasi untuk menemani beristirahat yang bisa juga dijalankan secara offline, yaitu aplikasi Spotify.

Aplikasi musik ini bisa jadi merupakan salah satu yang paling digemari oleh para travelers saat mereka mengalami kondisi bosan. Dengan mengunduh musik-musik yang disukai sebelumnya, maka simpanan file musik tersebut bisa dijalankan kembali meski tak memiliki akses seluler. Cuma memang untuk mendapatkan fasilitas offline dari Spotify harus membayar, namun sepertinya layak untuk musik yang berkualitas.

Demikian berbagai aplikasi yang bisa dipakai para traveler saat offline. Masih banyak sebenarnya yang lain, namun dengan memiliki beberapa diatas maka setidaknya keperluan dasar sudah terpenuhi.

  • Lihat juga :

Trik Memakai Google Map dalam Perjalanan

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: