mentawai waves

Surfer Dunia Akui Mentawai Harus Didatangi

Rugi kalau belum pernah mampir ke Mentawai. Sebab gugusan pulau di selatan Sumatera itu ternyata jadi sasaran favorit peselancar atau surfer kelas dunia. Apalagi bagi surfer serius yang harus menggunakan perahu untuk mencari ombak besar ditengah laut. Mentawai ternyata  jadi salah satu nama yang dideretkan pada daftar harus didatangi.

Tak percaya? Coba cek situs theinertia.com, disitu dipaparkan lima lokasi surfing ditengah laut yang terbaik dunia. Nomor satu, ada Southern Atolls di Maldives. Berikutnya ada Tavarua, di Fiji. Nomor tiga, Mentawai jadi pilihan. Sementara nomor empat dan lima ada di Papua Nugini dan Costarica.

Kenapa juga surfer-surfer kelas dunia itu ingin datang ke Mentawai? Menurut penulis artikel itu, Alexanser Haro yang telah menulis ratusan artikel tentang selancar, mengatakan kalau Mentawai itu salah satu surga bagi para peselancar dunia.

“Kepulauan berpanorama indah untuk kartu pos yang terpisah dari kepulauan Sumatera, dimana ombak besar menggulung diantara deretan karang laut indah didalamnya, menjadi salah satu deretan ombak terbaik dunia”, tutur Haro dalam artikelnya.

Salah satu ombak besar di Mentawai. (dok. bestsurfdestination.com)

20 Tahun

Tak hanya komentar dari Haro, berbagai situs dunia tentang surfing juga mengatakan hal yang hampir sama. Seperti situs surfertoday.com, dengan jelas situs tersebut bilang kalau sudah lebih dari 20 tahun Mentawai jadi incaran peselancar dunia.

Dikatakan kalau di Mentawai terdapat sangat banyak jenis ombak. Jadi para peselancar mulai dari baru belajar, sampai yang sudah mahir bisa menjajal berbagai karakter ombak yang tercipta. Salah satu yang kemudian dianggap menjadi spot favorit, dikenal dengan nama Macaroni.

“Tak salah lagi, tempat itu adalah tempat ombak terbaik dunia yang pernah ada dan semua peselancar dari berbagai tingkatan bisa mencobanya tergantung dengan kondisi yang ada”, papar situs tersebut.

Selain Macaroni, juga disebutkan beberapa spot lain seperti Mini Macas dan Fish Finger yang menjadi favorit para surfer di Mentawai, karena ombak besar yang ada disana.

“It is, without a doubt, one of the best waves in the world and riders of all levels are able to surf here depending on the conditions.”

surfertoday.com
Peta spot surfing di Mentawai. (dok.surfcampsiberut)

Mimpi

Lain lagi cerita Kaiser Auberlen, seorang surfer cilik dari Jerman yang pernah juga mencicipi ganasnya ombak Mentawai tahun 2018 lalu. Dalam memoar yang ditulisnya, surfer yang waktu itu berusia 12 tahun ini menyatakan seperti mendapatkan durian runtuh, saat mendapatkan ajakan pergi ke Mentawai bersama ayahnya.

Meski mereka datang bukan di bulan terbaik untuk berselancar di Mentawai, namun akhirnya dilapangan mereka mendapatkan juga rasa yang dirindukan para peselancar saat mendapatkan ombak besar.

“Mungkin kami berselancar di ombak terbaik sepanjang hidup saya, selama di Macaroni. Sepertinya saya ingin lagi merasakan berselancar disana 24 jam non stop, hanya dengan teman-teman terpecaya saja disana lagi”, urai Auberlen.

Jadi kalau seluruh dunia saja ingin berlomba dan memimpikan datang ke Mentawai, kenapa kita yang di Indonesia tidak?

Baca Juga :

Melihat Hiu terbesar Setiap Hari di Manokwari

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: