Foto Jadul Pendakian ke Gunung Raung

Niat mendaki gunung ternyata sudah ada sejak ratusan tahun silam. Beberapa catatan sejarah dan foto membuktikan hal tersebut. Salah satunya pendakian ke gunung Raung, di Jawa Timur yang ternyata sudah ada sejak setidaknya tahun 1912 silam.

Dari beberapa foto yang beredar mengenai pendakian gunung di Indonesia, ada sekumpulan foto mengenai pendakian gunung Raung. Foto tersebut dibuat oleh universitas dan institusi yang berkepentingan mengenai kondisi sebuah gunung di Indonesia.

Foto pertama yang bisa ditampilkan disini mengenai titik awal pendakian gunung Raung. Waktu pendakian diindentifikasi terjadi kisaran tahun 1912. Berarti pendakian tersebut dilakukan ketika pemerintahan kolonial Belanda masih berkuasa di Indonesia. Maka pantas bila yang melakukan pendakian ternyata tim dari Universitas Leiden, Belanda.

Dari foto yang ada terlihat pemakaian sarana transportasi menunggang kuda, menjadi andalan untuk mencapai titik awal pendakian. Meski menurut pendangan penulis, ketika mencoba mendaki ke gunung Raung pada kisaran tahun 2010-an, pemakaian kuda sebagai transportasi sepertinya sudah tidak ada. Menurut kabar terakhir bahkan, sepertinya pemakaian ojek sepeda motor sudah mendominasi.

Pada foto pendakian ke gunung Raung berikutnya, terjadi kisaran tahun 1913. Foto mulai beranjak ke daerah pendakian hutan. Terlihat pendaki dan porter pendakian sedang beristirahat, setelah melakukan pendakian.

Satu hal yang patut diberikan komentar disini merupakan kostum pendakian. Dimana kostum pendakian terlihat sangat formal, berupa jas dan celana kerja harian pegawai negeri Belanda saat itu. Tak terbayangkan bagaimana sulitnya mendaki dengan kostum seperti itu. Karena menurut pengalaman penulis juga, mendaki dengan kostum pendakian modern seperti yang ada saat ini saja masih terasa tak nyaman. Mengingat dingin dan kemungkinan hujan yang membasahi pakaian.

Pada foto terakhir yang ada terlihat para pendaki sudah berada disekitaran puncak gunung Raung. Foto ini juga dibuat kisaran tahun 1913. Diasumsikan area puncak yang dihampiri merupakan sisi utara, yang menjadi area pendakian normal sejak dahulu. Sementara kini, kebanyakan pendaki sudah mulai merambah bagian selatan, yang merupakan lokasi puncak sejati gunung Raung berada.

  • Baca Juga :

Gagal Dua Kali ke Puncak Bali

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: