20 Mei 2024

Persiapan sebelum menjuk lokasi upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 78 di Teluk Jakarta. (Photo : Marco/dok. panitia dayung merdeka)

Kemerdekaan saat ini jangan hanya diartikan bebas dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan saat ini juga harus diartikan sebagai ungkapan dari rasa bebas untuk mencintai lingkungan melalui lautan

Views: 1798

Ratusan pendayung dari Komunitas Dayung Jakarta, ikut ambil bagian dalam aksi Dayung Merdeka terkait hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78, Kamis (17/8/2023) di Teluk Jakarta.

Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WIB dengan pusat kegiatan diarahkan di utara pesisir Jakarta, Kawasan Ancol. Rombongan besar pendayung kayak laut, diiringi SUP (Stand Up Paddling) dan perahu naga terlihat khidmat melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 78.

Suasana upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di pesisir teluk Jakarta. (Photo: ryco/dok. panitia dayung merdeka)

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih besar di atas permukaan laut. Ratusan pendayung terlihat bahu-membahu untuk mengibarkan bendera merah putih. Usai bendera raksasa selebar 12 meter terbentang, para pendayung kemudian melakukan selebrasi parade bersama. Parade para pendayung dilaksanakan setelah acara pengibaran bendera dilakukan. Ratusan pendayung kemudian melakukan formasi untuk bergerak bersama diatas laut, menuju satu arah.

 “Kemerdekaan saat ini jangan hanya diartikan bebas dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan saat ini juga harus diartikan sebagai ungkapan dari rasa bebas untuk mencintai lingkungan melalui lautan”, ujar Jeffry Benyamin, dari Archipelago Kayak Indonesia.

Sementara penggiat lain lebih melihat kegiatan ini merupakan upaya untuk meraih persatuan dikalangan para penggiat mendayung di lautan. Wijaya Surya dari Jakarta Paddle Club menyatakan, “Semangat persatuan terlihat dari bergabungnya seluruh komunitas olahraga mendayung di air pada hari kemerdekaan kali ini”.

Selain masalah rasa cinta tanah air, persatuan, tujuan kegiatan kali ini juga berupa sebuah upaya membangkitkan kembali budaya mendayung pada generasi muda. Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Saleh Alatas, ST. dari Sea Kayak Indonesia. “Agar generasi muda Indonesia ke depan lebih mencintai berkegiatan bahari dan dapat mendominasi lautan Indonesia”, tuturnya.

Organisasi yang turut mendukung kegiatan ini adalah  Archipelago Kayak Indonesia, Jakarta Paddle Club, Sea Kayak Indonesia, Laut Luas Adventure, SUP.ID, The Mangrove Paddling Center, dan Maliko. (pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *