22 Juni 2024
paralayang papua
Tim meninjau ulang faktor kelayakan lokasi, melalui uji terbang. Kemudian uji terbang ini menghasilkan empat rute penerbangan paralayang baru di Papua.

Views: 1928

Tim Ekspedisi Timur Nusantara (ETN) dari Mapala UI, telah selesai melaksanakan tugasnya sejak 10 September 2023 lalu. Berlokasi di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Tim ETN melakukan eksplorasi potensi wisata yang menyajikan keindahan alam Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji, dua danau kembar kebanggaan masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak.

Citra satelit penampakan dataran Danau Anggi, wilayah cakupan kegiatan Ekspedisi Timur Nusantara di Distrik Anggi, Distrik Surerey dan Distrik Tagie, Papua Barat, September 2023. (Sumber: Google Maps, 2023/dok. mapala ui)

Tim ETN berusaha merekomendasikan Wisata Paralayang Danau Anggi dengan menguji data observasi potensi wilayah penerbangan di wilayah Distrik Anggi, Distrik Sururey, dan Distrik Taige. Pada observasi wilayah potensial ini, Tim meninjau ulang faktor kelayakan lokasi, melalui uji terbang. Kemudian uji terbang ini menghasilkan empat rute penerbangan paralayang baru di Papua.

Adapun empat rute penerbangan yang direkomendasikan oleh Tim Paralayang ETN, pertama yaitu rute Gunung Senseremes – Kampung Aruk. Rute kedua yaitu Tower Kobrey – Semenanjung Kobrey. Kemudian, rute ketiga yaitu Puncak Merah Putih – Kampung Testega Pamaha. Terakhir, Puncak Tombrok atau nama lainnya Tugu Kobrey – Kampung Tombrok, Distrik Anggi Gida.

Tim Paralayang Mapala UI bersama warga Pegunungan Arfak. (Sumber: Dokumentasi Ekspedisi Timur Nusantara-MAPALA UI, 2023)

Keempat rute ini dinilai memiliki medan yang sesuai untuk dijadikan titik take off dan landing, yang dilihat dari bentuk titik take off yang luas serta bersih dari semak belukar dan wilayah landing yang panjang, lebar dan juga bersih dari semak dan tumbuhan. Diharapkan dari rekomendasi rute penerbangan ini dapat dikembangkan menjadi wisata paralayang seperti wisata paralayang Puncak Bogor, Bukit Watugupit, Riug Bali dan lainnya. (pr/slg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *