20 Mei 2024
asian qualifier winner

Jakarta (INA), 12 November 2023: competes in the Speed Final at the Asian Qualifier in Jakarta 2023. ©️ Lena Drapella/IFSC. This photo is for editorial use only. For any additional use please contact communications@ifsc-climbing.org.

Pada saat all Indonesian final, terlihat Katibin mengalami masalah. Ia terpeleset ketika sedang memanjat, sehingga Rahmad Adi Mulyono dengan mudah melewatinya, dan mencapai puncak lebih dahulu. Dengan kemenangan ini maka ia berhak mendapatkan kesempatan bertanding di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Views: 0

Indonesia kembali memantapkan langkah ke Olimpiade Paris 2024, setelah Rahmad Adi Mulyono berhasil menjuarai disiplin Speed, Kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Kualifikasi dimulai dengan mempertemukan 24 atlet putra dan 16 atlet putri. Keseluruhan atlet tersebut bertanding dua kali, dengan jalur lintasan berbeda. Kemudian diambil 16 atlet putera dan delapan atlet putri, untuk kembali menguji kecepatan di babak final.

Rebut Tiket

Pada kategori putra, keseluruhan atlet Indonesia yang ikut serta dalam disiplin ini berhasil lolos ke babak final. Ketiga atlet tersebut adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo dan Rahnad Adi Mulyono.

Dalam babak final Rahmad Adi Mulyono berhasil melewati tantangan atlet lain. Termasuk mengalahkan pemegang rekor dunia kecepatan panjat tebing, Veddriq Leonardo pada babak semi-final. Di babak final Rahmad Adi Mulyono bertemu dengan Kiromal Katibin, yang berhasil mengatasi adangan atlet Jepang, Ryo Omasa.

Pada saat pertandingan terakhir final, yang mempertemukan dua atlet Indonesia, terlihat Katibin mengalami masalah. Ia terpeleset ketika sedang memanjat, sehingga Rahmad Adi Mulyono dengan mudah melewatinya, dan mencapai puncak lebih dahulu. Dengan demikian Rahmad Adi Mulyono menjadi juara, dengan catatan waktu 5.35 detik. Dengan kemenangan ini juga maka ia berhak mendapatkan kesempatan bertanding di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Juara Tiga

Di kategori putri,tiga orang atlet Indonesia juga berhasil mencapai putaran final. Ketiga atlet tersebut adalah Mutia Amanda Narda, Nurul Iqomah, dan Rajiah Sallsabillah. Sayangnya ketiga atlet Indonesia tersebut hanya Rajiah Sallsabillah yang berhasil menjadi juara ketiga.

Rajiah sendiri berhasil menjadi juara ketiga setelah mengalahkan rekan satu negaranya Nurul Iqomah. Mereka bertemu pada perebutan tempat ketiga, setelah kalah dari atlet China dan Korea. Pemenang utama dari kategori ini adalah atlet China, Deng Lijuan. Sehingga ia yang berhak mendapat jatah Asia menuju Olimpiade Paris 2024.

Dengan hasil tersebut berarti sudah ada dua atlet panjat tebing Indonesia yang berhak lolos bertanding di Olimpiade Paris 2024. Satu tiket sebelumnya dipegang oleh Desak Made Rita Kusuma Dewi. Kemudian pada event kali ini, tiket bertambah dengan Rahmad Adi Mulyono menjadi juara. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *