16 Juli 2024
penyu bali
Disinyalir Penyu mulai berpindah lokasi bertelur. Area baru bertelur itu merupakan pantai-pantai yang lebih sulit diakses manusia.

Views: 187

Beberapa lokasi wisata di Bali sebelumnya merupakan area Penyu bertelur. Karena kini wisatawan makin ramai dilokasi tersebut, disinyalir Penyu mulai berpindah lokasi bertelur. Area baru bertelur itu merupakan pantai-pantai yang lebih sulit diakses manusia.

“Saat ini kecenderungan Penyu bertelur agak bergeser ke selatan dan utara pantai Kuta. Penyu mencari tempat yang gelap dan tidak terlalu ramai”, ungkap Founder Kuta Beach Sea Turtle Conservation Center (KBSTCC) I Gusti Ngurah Tresna, November 2023.

Turis yang terus berdatangan hingga malam, membuat Penyu kesulitan mencari pasir bertelur. Seperti diketahui Penyu membutuhkan pasir untuk menggali lubang, dan menaruh telur didalamnya. Biasanya aktivitas itu dilakukan Penyu pada malam hari.

Namun menurut Trisna, bukannya tak ada Penyu yang bertelur lagi kini di Pantai Kuta Bali. “Masih ada penyu bertelur di area pantai Kuta, khususnya yang tidak ada penahan abrasinya. Yaitu depan kantor Satgas Pantai Kuta ke selatan”, urainya.

Lebih jauh Tresna menerangkan kalau sepanjang tahun 2023 ini, sedikitnya ada 275 sarang Penyu Lekang teridentifikasi bertelur di Pantai Kuta Bali. Isi total dari keseluruhan sarang tersebut mencapai 50-60 ribu telur. Tapi diperkirakan jumlah telur itu relative dari rendah dari jumlah tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya Penyu bertelur di Bali pada bulan Maret sampai Oktober. Kemudian berhenti saat musim hujan. Tapi sekarang agak terlambat, bulan November saja kami masih menemukan satu sarang yang muncul”, penjelasan Tresna lagi.

Lokasi sarang Penyu juga diketahui kini banyak berpindah. Semula banyak Penyu bertelur diwilayah Pantai Kuta, sekarang berpindah ke arah selatan, seperti Pantai Jerman dan Pantai Sekeh. Ada juga yang berpindah ke bagian utara, seperti Pantai Legian dan Seminyak. Satu hal yang pasti, lokasi baru itu terutama arah selatan, merupakan pantai yang sulit diakses manusia. Sementara di area utara masih jarang terdapat wisatawan, karena eksklusifitasnya.

Foto udara kawasan Semenanjung Benoa dan Pulau Pundut Bali. Pulau Pundut sekarang menjadi lokasi migrasi Penyu bertelur, setelah kawasan lain seperti pantai Kuta dianggap terlalu penuh turis. (Photo: Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Penangkaran

Sementara itu menurut informasi dari kantor berita Antara, di lokasi wisata lain seperti Tanjung Benoa Bali, penyu-penyu yang kedapatan membuat sarang dan bertelur dipindahkan ke penangkaran Tambaksari. Kini terdapat setidaknya enam lokasi penangkaran Penyu disekitar Tanjung Benoa.

Di penangkaran Tambaksari ada total 13 Penyu Hijau, Penyu Lekang dan Penyu Sisik yang ditangkarkan. Ada juga tempat penangkaran khusus untuk penetasan telur Penyu. Terakhir ada 120 butir telur Penyu Sisik dan Penyu Lekang yang sedang ditetaskan.

Selain lokasi penangkaran, terdapat pula lokasi bertelur yang terpisah dari pulau Bali. Lokasi tersebut berada di Pulau Pudut. Pulau itu berada di timur tak jauh dari kawasan Tanjung Benoa. Disekitar pulau Pudut juga kini makin banyak ditemukan Penyu yang bertelur. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *