20 Mei 2024
Label "PFC Free," "Recycled," dan "Bluesign" adalah panduan yang berguna saat memilih peralatan luar ruang yang mendukung praktik berkelanjutan.

Views: 0

Alam bebas adalah sumber keindahan alam yang tiada tara. Bagi para pecinta alam, menjelajahi gunung, hutan, dan sungai adalah pengalaman tak ternilai. Namun, menjaga alam yang indah ini tetap utuh adalah tanggung jawab kita bersama. Salah satu cara untuk berkontribusi pada keberlanjutan alam adalah dengan memilih peralatan bertualang di luar ruang yang ramah lingkungan. Setidaknya ada tiga label penting yang dapat membantu membuat pilihan yang bijaksana saat membeli peralatan luar ruang yang dapat dianggap ramah lingkungan. Tiga label tersebut merupakan “PFC Free”, “Recycled” dan “Bluesign”.

Label PFC Free

PFCs, atau Perfluorinated Chemicals, adalah senyawa kimia yang sering digunakan dalam lapisan tahan air konvensional yang digunakan pada banyak peralatan luar ruang seperti jaket, tenda, dan peralatan lainnya. Meskipun mereka efektif dalam menjaga kita kering, beberapa PFCs dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Karenanya, label “PFC Free” adalah tanda bahwa produk tersebut tidak mengandung PFCs.

Dalam pengertian sederhana, “PFC Free” berarti bahwa peralatan luar ruang tersebut dibuat dengan bahan tahan air yang lebih aman dan ramah lingkungan, tanpa senyawa kimia berbahaya. Hal ini mengurangi risiko pelepasan PFCs ke lingkungan saat produk tersebut digunakan dan saat proses pembuangan limbah. Dengan memilih produk dengan label “PFC Free”, tidak hanya menjaga diri tetap kering tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan alam yang kita nikmati.

Photo : dok.Vaude

Label Recycled

Dalam upaya mengurangi limbah dan memanfaatkan sumber daya yang sudah ada, beberapa produsen peralatan luar ruang telah mengadopsi penggunaan bahan-bahan daur ulang dalam produksi mereka. Produk dengan label “Recycled” menggunakan bahan-bahan yang diperoleh dari limbah yang sudah ada, seperti botol plastik, serat tekstil, atau bahan lainnya.

Arti dari label “Recycled” adalah bahwa peralatan luar ruang tersebut dibuat dengan menggunakan sumber daya yang sudah ada dan tidak memerlukan produksi bahan baku baru. Dengan cara ini, kita mengurangi kebutuhan akan ekstraksi sumber daya alam baru dan mengurangi jumlah limbah yang masuk ke tempat pembuangan sampah. Ini adalah langkah penting dalam menjaga alam yang bersih dan berkelanjutan.

Label Bluesign

Sertifikasi Bluesign adalah sertifikasi lingkungan yang diberikan kepada produk-produk yang memenuhi standar tinggi dalam hal keberlanjutan produksi. Sertifikasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk penggunaan bahan yang lebih aman, pengelolaan limbah yang lebih baik, dan penggunaan energi yang efisien selama proses produksi.

Label “Bluesign” pada peralatan luar ruang adalah tanda bahwa produk tersebut telah menjalani penilaian ketat terkait dampak lingkungan selama siklus hidupnya. Ini mencakup aspek penggunaan bahan, proses produksi, dan manajemen limbah. Produk yang memiliki label “Bluesign” adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memastikan bahwa peralatan luar ruang mereka memenuhi standar tertentu dalam hal keberlanjutan.

Memilih peralatan luar ruang yang ramah lingkungan adalah langkah kecil namun signifikan dalam menjaga keindahan alam yang kita cintai. Label “PFC Free,” “Recycled,” dan “Bluesign” adalah panduan yang berguna saat memilih peralatan luar ruang yang mendukung praktik berkelanjutan. Dengan pilihan yang bijaksana, kita dapat menjelajahi alam dengan perasaan aman bahwa kita berkontribusi pada keberlanjutan planet ini. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *