22 Juni 2024
Menurut penelitian terbaru, diperkirakan ada lebih dari 150 juta ton sampah plastik yang mengambang di lautan kita saat ini.

Views: 115

Bagi semua penyelam di laut, mungkin sudah tahu bahwa laut kita saat ini menghadapi ancaman serius dari sampah plastik. Kondisi tersebut tak seharusnya ada. Lalu sebenarnya apa yang dapat dilakukan penyelam, agar dapat berkontribusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik?

Jumlah Sampah Plastik di Laut Saat Ini

Menurut penelitian terbaru, diperkirakan ada lebih dari 150 juta ton sampah plastik yang mengambang di lautan kita saat ini. Ini mencakup segala jenis plastik, mulai dari botol plastik hingga potongan-potongan kecil yang disebut mikroplastik. Mikroplastik adalah fragmentasi plastik yang sangat kecil dan sering kali tidak terlihat dengan mata telanjang.

Sampah plastik ini memiliki dampak yang merusak pada lingkungan laut. Hewan laut sering kali menelan plastik yang mereka anggap sebagai makanan, yang mengancam kesehatan mereka. Terumbu karang dan ekosistem laut lainnya juga terganggu oleh sampah plastik yang terjebak di antara cabang-cabang terumbu.

Bagaimana Penyelam Dapat Membantu?

Sekarang, mari kita fokus pada bagaimana penyelam dapat berperan dalam mengatasi masalah ini:

1. Menggunakan Peralatan Ramah Lingkungan

Mulailah dengan menggunakan peralatan penyelaman yang ramah lingkungan, seperti tabung pernafasan yang dapat diisi ulang. Ini membantu mengurangi kontribusi penyelam terhadap sampah plastik, karena tabung plastik sekali pakai tidak akan terbuang ke laut.

2. Membawa Tas Sampah

Setiap penyelam harus selalu membawa tas sampah saat melakukan penyelaman. Dengan begitu, jika Anda menemukan sampah plastik selama penyelaman, Anda dapat mengumpulkannya dan membawanya ke permukaan untuk dibuang dengan benar. Dalam jumlah besar, penyelam dapat membuat perbedaan nyata dalam membersihkan lingkungan laut.

3. Partisipasi dalam Pembersihan Bawah Laut

Penyelam juga dapat berperan aktif dalam kegiatan pembersihan bawah laut. Bergabunglah dengan kelompok penyelam atau organisasi pelestarian laut yang menyelenggarakan acara pembersihan laut. Dengan berpartisipasi, Anda dapat membantu membersihkan sampah plastik yang ada dan mendukung upaya pelestarian laut.

4. Edukasi Penyelam Lainnya

Saat berinteraksi dengan komunitas penyelam, luangkan waktu untuk berbicara tentang masalah sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan laut. Ajak teman-teman penyelam Anda untuk ikut berpartisipasi dalam usaha pelestarian laut. Semakin banyak penyelam yang peduli, semakin besar perubahan positif yang dapat kita capai.

5. Dukung Kampanye Anti-Plastik

Ada banyak kampanye dan inisiatif yang berfokus pada pengurangan penggunaan plastik dan pelestarian lingkungan laut. Anda dapat bergabung dengan kampanye ini, mendukungnya, dan bahkan berdonasi jika mungkin. Setiap tindakan mendukung perjuangan untuk melindungi lingkungan laut dari sampah plastik.

Dengan memahami seberapa besar masalah sampah plastik di laut saat ini, penyelam dapat berperan aktif dalam mengurangi jumlahnya dan menjaga ekosistem yang luar biasa ini tetap sehat. Mari kita bersama-sama menjaga keindahan laut agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *