16 Juli 2024
Fungsi AI bisa memberikan acuan untuk menentukan kemana arah dari pemberitaan yang akan dibuat.

Views: 1098

Pada hari Kamis (21/6/2024) perwakilan dari Lingkar Bumi berkesempatan memberikan materi “Penerapan Artificial Intelligence (AI) di Website Berita”. Tema tersebut menjadi pokok pembahasan matakuliah Artificial Intelligence bagi mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi.

Materi matakuliah yang di gawangi oleh Dosen Pengampu, Dr. Supriyadi S.T.P, M.Pd. ini membahas berbagai macam hal mengenai AI. Pada kesempatan tersebut, kelas gabungan dari berbagai jurusan seperti Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen, Akuntansi dan Fakultas Pendidikan membahas optimalisasi penggunaan AI bagi media online. Pada kesempatan tersebut Lingkar Bumi diberikan kesempatan menjadi dosen tamu, yang diwakili oleh Sulung Prasetyo, sebagai founder sekaligus pemimpin redaksi.

Dalam penyampaian materi, Sulung mengatakan bahwa fungsi AI sangat penting dan berguna dalam pembuatan naskah serta optimalisasi konten. “Selain itu AI juga berfungsi untuk  memaksimalkan pencarian kata kunci terbaik SEO (Search Engine Optimalisation),” tuturnya.

Sulung Prasetyo diketahui sudah lama malang melintang didunia media cetak sebagai jurnalis serta penulis buku, dan media konsultan. Pada sesi tersebut ia juga mengatakan bahwa fungsi AI bisa menjadi acuan untuk menentukan kemana arah dari pemberitaan yang akan dibuat. Terlebih untuk Lingkar Bumi yang banyak memberikan konten seputar dari dunia kegiatan alam terbuka dan isu lingkungan.

“AI bisa menjadi acuan bagi kita untuk membuat sebuah kerangka naskah pemberitaan, maupun membuat rancangan jenis artikel yang diinginkan”, kata Sulung, yang juga merupakan anggota Mapala UI.

Menurutnya juga terdapat efisiensi dalam pembuatan naskah berita dengan adanya teknologi AI. Pada pandangannya dibanding dengan tahun-tahun sebelum berkembangnya AI, kesulitan seorang penulis bisa memakan waktu hingga berjam-jam untuk menentukan jenis tulisan. Namun dengan menggunakan AI, naskah tersebut bisa dibuat hanya dalam waktu lima menit saja.

Dalam penyampaian sebagai dosen tamu, Sulung juga mengatakan kalau sekarang kemudahan-kemudahan dengan adanya AI bisa menjadi harapan baru dalam beraktifitas, tapi juga bisa menjadi bumerang bagi manusia. “Bila perkembangannya akan mungkin menggantikan tugas manusia sendiri sehingga jasa manusia sudah tidak diperlukan lagi, hanya digantikan oleh AI yang sudah mencapai tahap sempurna”.

Pada kesempatan penutup mata kuliah, Dr. Supriyadi, S.T.P., M.Pd. sebagai Dosen Pengampu mata kuliah berpesan agar apa yang disampaikan oleh dosen tamu bisa menjadi pembelajaran dan landasan pengetahuan dalam pekerjaan kedepannya bagi para mahasiswa. (Bambang Gatot Tutuko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *