15 Juli 2024
everest
Rekor sebelumnya dipegang oleh Prisha Lokesh Nikajoo yang mencapai base camp pada usia lima tahun pada tahun 2023. Zara baru berusia empat tahun dan lima bulan saat ia memecahkan rekor dunia tersebut.

Views: 276

Seorang anak berusia empat tahun dari Republik Ceko bernama Zara telah mencetak rekor baru sebagai orang termuda yang berhasil mencapai base camp Gunung Everest. Zara ditemani oleh ayahnya, David Sifra, dan kakaknya yang berusia tujuh tahun dalam perjalanan sejauh 170 kilometer. Base camp Everest berada di ketinggian 5.360 meter.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Prisha Lokesh Nikajoo yang mencapai base camp pada usia lima tahun pada tahun 2023. Zara baru berusia empat tahun dan lima bulan saat ia menyelesaikan perjalanannya.

Sifra dengan hati-hati memantau kondisi putrinya saat mereka menyesuaikan diri, mengatakan kepada Metro, “Tidak ada masalah selama pendakian, aklimatisasi berjalan di atas rata-rata, si kecil Zara, berkat kondisi fisiknya yang sangat baik, bahkan mengungguli, dengan beberapa pengecualian, ratusan pendaki lainnya.”

Zara bersama kakak perempuannya sedang beristirahat setelah mencapai base camp gunung tertinggi dunia, Everest di Nepal. (dok. @sasha.jede)

Berikut adalah beberapa rekor Everest lainnya: Kami Rita Sherpa telah mendakinya sebanyak 28 kali; Lhakpa Sherpa menjadi wanita pertama yang mendakinya sebanyak 10 kali tahun lalu; dan Yūichirō Miura adalah orang tertua yang mendakinya pada usia 80 tahun. Dan meskipun ini bukan rekor Everest, pada tahun 2016, Pizza Hut di Tanzania mengantarkan pizza ke puncak Kilimanjaro setelah pendakian selama tiga hari. Ini dianggap sebagai pengiriman pizza di ketinggian tertinggi. (sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *