16 Juli 2024
Menurut keterangan yang diterima, perjalanan selama delapan hari harus ditempuh Putri untuk mencapai titik tersebut. Perjalanan juga dilakukan dengan menarik sled serta menembus terpaan angin dingin.

Views: 479

Putri Handayani menjadi perempuan Indonesia pertama yang berhasil mencapai titik paling selatan bumi. Titik geografis tersebut berada di benua Antartika, yang kerap disebut juga sebagai kutub selatan. Pada Kamis, 28 Desember 2023, Putri berhasil mencapai titik paling selatan tersebut.

Menurut keterangan yang diterima, perjalanan selama delapan hari harus ditempuh Putri untuk mencapai titik tersebut. Titik awal perjalanan dimulai dari koordinat 890C. Perjalanan juga dilakukan dengan menarik sled serta menembus terpaan angin dingin.

“Pada hari Kamis, 28 Desember 2023, pukul 13.00 waktu Punta Arena, Chili, saya berhasil mengibarkan sang merah putih di Kutub Selatan (900C)”, demikian diungkapkan Putri Handayani.

Dari gambar video yang diberikan terlihat Putri baik-baik saja. Dengan wajah ceria ia mengibarkan bendera Indonesia, di titik paling selatan bumi yang terdapat tugu pendek dengan bulatan bola berlapis seperti kaca.

Putri Handayani mencapai titik paling selatan bumi di Kutub Selatan. (Photo: dok.jelajah putri)

Menurut beberapa sumber, yang disebut kutub selatan ini adalah titik paling selatan dari bumi. Letaknya pada garis lintang 900S dan berada disisi bumi berlawanan dari Kutub Utara. Kutub Selatan berada di benua Antartika dan berada di lokasi stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott Amerika Serikat (AS), sebuah stasiun penelitian yang didirikan pada tahun 1956.

Kutub Selatan berada didataran tinggi es sekitar 800 mil (1.300 km) dari McMurdo Sound. Es dilokasi ini memiliki ketebalan sekitar 9.301 kaki (2,835 m). Akibat terus bergerak, lokasi kutub selatan secara geografis, disebut juga Kutub Selatan Geodesi, harus dihitung ulang setiap tahun pada tanggal 1 Januari.

Kutub Selatan juga tidak memiliki garis bujur, maka sulit untuk menentukan waktu disana. Selain itu waktu tidak dapat diperkirakan dengan menggunakan posisi matahari di langit, karena matahari terbit dan tenggelam hanya setahun sekali di Kutub Selatan.

Explorers Grand Slam

Pencapaian Putri tersebut merupakan bagian dari misi Grand Slam Explorers. Dimana seorang petualang harus menyelesaikan pendakian ke tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua, serta mencapai titik Kutub Utara dan Selatan. Putri sendiri telah mencapai lima puncak tertinggi di lima benua, yaitu Carstensz Pyramid, Kilimanjaro, Mc Kinley, Elbrus, Aconcagua.

Pada pendakian terakhir menuju Vinson Massif, Putri mengalami kegagalan karena terkena gejala radang frostbite pada tangannya. Namun gajala tersebut tidak menyurutkan langkahnya untuk mencapai Kutub Selatan. Berarti kini Putri, tinggal menyelesaikan pendakian dua gunung tertinggi lagi, yaitu Vinson Massif dan Everest. Serta mencapai titik paling utara bumi di Kutub Utara untuk meraih gelar Explorers Grand Slam tersebut. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *